Single Post

Apa Itu Vaksin Pfizer?

Jumat, 24 September 2021

Banner

Pfizer merupakan vaksin hasil dari kerja sama perusahaan Bioteknologi Jerman dengan farmasi asal Amerika Serikat. Jenis vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer dinamakan BNT162b2, dengan basis teknologi messenger RNA (mRNA) yang berbeda dengan teknologi lainnya. Teknologi mRNA adalah proses merekayasa komponen materi genetik agar menyerupai virus atau kuman tertentu. Vaksin ini diproduksi dengan gen sintetis yang lebih mudah untuk diciptakan sehingga proses pembuatannya lebih cepat daripada jenis vaksin lainnya. 

 

Dikutip dari website resmi Pfizer.com, dengan menggunakan vaksin dari hasil teknologi mRNA, tubuh manusia akan disuntikan kode genetik jenis varian covid terbaru, setelah proses penyuntikan vaksin ke tubuh manusia imun akan diajari untuk memberi respon perlawanan terhadap virus tersebut. 

 

Perlindungan atau antibodi dari vaksin Pfizer baru akan mulai berkembang 28 hari setelah mendapatkan dosis vaksin pertama. Perlindungan penuh akan didapatkan tujuh hari setelah mendapatkan vaksin dosis kedua.

 

WHO menjelaskan bahwa vaksin Pfizer memiliki tingkat efikasi 95% SARS-CoV-2 yang bergejala. The New England Journal of Medicine (2021) mengatakan dalam jurnal yang diterbitkan bahwa penduduk Qatar yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin Pfizer 75% lebih kecil untuk terpapar Covid-19 varian Beta, dibandingkan yang belum mendapatkan vaksin.

Logo
PT Medika Nuswantara Digital

Embarcadero Suites Lantai III Jl. Buntu gang buntu No.32, Pd. Pucung, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15229

Follow Kami