Single Post

Deteksi COVID-19 Sejak Awal, Ini Cara Kerja Tes Swab Antigen

Rabu, 29 September 2021

Banner

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Meskipun di Indonesia mulai melandai, namun menurut data dari peta sebaran setidaknya masih ada 40 ribu kasus aktif dari 4,2 juta yang terkonfirmasi. Kendati demikian, hal ini tidak bisa dianggap enteng sebab pencegahan harus tetap dilakukan.

Menjaga pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi, berolahraga, dan menggunakan masker saat keluar rumah merupakan contoh dari langkah mawas diri terhadap Covid-19. Di samping itu, perlu juga untuk mengetahui sedari awal apakah tubuh telah terinfeksi virus atau tidak dengan melakukan tes antigen. Sebab, sebagian orang mengalami gejala yang hampir tidak terlihat atau biasa disebut dengan OTG (Orang Tanpa Gejala).

Melalui tes antigen, Covid-19 bisa dideteksi sejak awal, sehingga dapat dilakukan penanganan dini. Bagaimana cara kerja dari metode tersebut, sehingga dapat mengenali adanya virus asing dalam tubuh?

Pengertian Swab Antigen

Menurut Westburg Knowledge Center, Swab Antigen atau dalam istilah medis disebut dengan Nasopharyngeal Swab adalah immunoassay kromatografi yang cepat mendeteksi antigen SARS-CoV-2 dengan mengambil sampel usap nasofaring dari individu. Umumnya, virus Covid-19 terdeteksi pada spesimen saluran pernapasan atas, terlebih jika berada dalam fase akut.

Hasil positif menunjukkan adanya antigen virus corona, namun hal ini juga diperlukan adanya korelasi klinis riwayat pasien dan informasi diagnostik lainnya guna menentukan status infeksi. Sementara jika menunjukkan negatif artinya tidak adanya indikasi terinfeksi Covid-19 dan tidak perlu menjalani pengobatan atau perawatan.

Lebih detail lagi, hasil negatif dianggap sebagai dugaan dan perlu adanya konfirmasi uji molekuler. Ini juga perlu pertimbangan dalam konteks paparan pasien, riwayat dan adanya tanda serta gejala klinis yang berhubungan dengan Covid-19.

Cara kerja Swab Antigen deteksi virus

Tes antigen menggunakan antibodi untuk mendeteksi adanya virus dalam tubuh. Dimulai dari mengumpulkan sampel lendir dari bagian belakang tenggorokan atau hidung seseorang dengan menggunakan swab.

Lantas swab dicelupkan ke dalam cairan untuk melarutkan lendir dan melepaskan virus. Cairan tersebut dioleskan ke permukaan slide uji yang dilapisi antibodi. Inilah yang kemudian menempel dan mengambil protein virus apapun di dalam sampel.

Campuran kedua antibodi yang telah dimodifikasi secara kimia dengan pewarna diterapkan pada slide. Itu membuatnya terlihat dengan mata telanjang. Apabila sampel mengandung protein antigen virus, maka kini diapit oleh dua antibodi, pertama menempelkannya ke alat tes dan kedua membuatnya terlihat.

Semakin banyak antigen Covid-19, pewarna makin terlihat. Hal tersebut menujukkan bahwa pasien terinfeksi. Apabila tidak ada pewarna yang terdeteksi, artinya tidak terinfeksi karena sampel menujukkan tidak adanya protein virus.

Kelebihan Swab Antigen

Kelebihan utama Swab Antigen ialah jauh lebih cepat dan mudah daripada Reverse Transcriptase-Polymerase Chain Reaction (PCR). Kendati demikian, keduanya merupakan cara paling umum untuk menguji adanya virus Covid-19 dalam tubuh.

Sebaliknya, Swab Antigen juga membutuhkan waktu karena perlu menunggu campuran antibodi dan sampel tercampur sempurna. Setidaknya total memakan 15-30 menit untuk menyelesaikan semuanya dan mengetahui hasil.

Kelemahan Swab Antigen

Tes Swab Antigen memang mudah dan cepat, namun kalah dalam segi akurasi. Seperti dikutip dari The Conversation, karena mencari bukti virus secara langsung, perlu ada banyak protein virus yang tersedia untuk menempel pada antibodi guna memberikan hasil yang bisa dideteksi.

Tergantung pada virusnya, tes antigen kualitatif memerlukan sampel yang mengandung ribuan protein virus agar hasil positif terlihat. Apabila seseorang terinfeksi tingkat rendah mungkin saja negatif palsu, sehingga yang harusnya membutuhkan perawatan atau pengobatan tidak mengetahui itu.

Pada dasarnya Swab Antigen bisa mendeteksi sejak awal apakah tubuh telah terinfeksi virus Covid-19 atau sebaliknya. Jika pun dinyatakan positif, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter dan melakukan perawatan apabila diperlukan.

PT Medika Nuswantara Digital

Embarcadero Suites Lantai III Jl. Buntu gang buntu No.32, Pd. Pucung, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15229

Follow Kami